Upacara Bendera

Dalam sebuah perjalanan menuju tempat TA (tugas akhir) saya di Jatigede bersama partner TA saya Jagur  (nama samaran. Red.) dan seorang kawan saya Bima (bukan nama sebenarnya. Red.) kami bercerita segala macem di perjalanan yang membutuhkan waktu 3 – 3.5 jam untuk mencapai Jatigede dari kampus.

Suatu ketika di daerah Sumedang, saat itu tanggal 30 September, kami melewati sebuah SD yang anak-anaknya sedang berupacara. Kami sempat bingung, kenapa kok hari rabu pada upacara..?? masa iya memperingati G 30 S/PKI..?? Ah, mungkin we buat besoknya, hari kebangkitan pancasila, 1 oktober.

“Weh, rada gaul juga tah upacara.. udah lama euy saya gak upacara..” ujar saya.

“Hahahahaha, rada uget saeutik.. kudunamah yang upacara itu yang tua-tua.. yang bapak2, yang mahasiwa-mahasiswa..” si Jagur berkata.

Eka Aprilia Arista Sari_1_Merah putih

Hmmm, dari perkataan partner saya si Jagur itu memang ada benarnya. Kenapa yah upacara hanya pas kita sekolah..?? pas kita masih SD..?? emang apa sih gunanya upacara..?? untuk penghormatan kah..?? untuk bisa lebih mencintai tanah air kita kah..?? atau hanya sekedar omong kosong dan kegiatan yang tidak berguna..??

Kalau seperti itu, kecil2 diajarkan untuk hormat, tapi sudah tua gak usah hormat lagi sama negara.. gak usah cinta lagi sama tanah air.. hahahaha, pantesan aja bangsa kita kayak gini yah..?? ckckckckck..

Kalo dipikir2, kok bangsa kita kayak udah kehilangan identitasnya aja yah..?? yang katanya tepo seliro, yang katanya gotong royong, yang katanya tenggang rasa, yang katanya hidup sederhana, yang katanya sapa, sopan santun, yang katanya saling membantu. Udah susah kayaknya nemuin orang kayak gitu di Indonesia…

Apakah sikap2 diatas hanya sebatas tulisan diatas buku PPKn saja..?? lalu apa gunanya Pahlawan2 kita dulu memperjuangkan kemerdekaan kita..?? katanya dulu kita bisa bersatu, katanya dulu kita merasa senasib dijajah..?? kita dijajah..?? hahaha, ya, kita masih dijajah.. hanya saja kita tidak sadar.. Masih banyak kebodohan di otak kita, masih mental terjajahnya kita ini.

Mudahnya, lihat saja di jalan. Betawa semrawutnya dan betapa tidak disiplinnya para pengguna jalan, angkutan kota, motor, mobil. Untuk apa ada aturan lalu lintas..?? untuk dilanggar..?? masih banyak kebodohan yang menguasai pikiran-pikiran terjajah kita.. masih sebegitu sulitnya diaturkah orang Indonesia dengan segala kebodohannya yang tidak taat pada aturan..?? masih sebegitu bodohnya kah orang2 Indonesia yang belum bisa mencintai budayanya sendiri sehingga budayanya sendiri pun dicuri..??

Sadarkah kita masih bodohnya kita saat kita mengkonfrontasi negara tetangga kita ketika kejadian (yang katanya) pencurian budaya, padahal kita pun tidak mencintai dan menghargai budaya kita sendiri..?? Masih sebegitu bodohnyakah kita saat kita bangga kalau kita pakai sepatu merek terkenal padahal itu buatan Cibaduyut yang dieksport keluar, diberi merek, lalu dijual lagi kedalam negeri kita sendiri..??

Masih sebegitu bodohnya kah kita yang tidak menyadari bahwa kain batik itu tidak hanya bisa dipakai saat undangan atau hari batik nasional tanggal 2 oktober kemaren..?? Sudah berapa bangsa lain yang mengagumi keindahan batik, sementara kita masih senang dan bangga memakai pakaian ala bangsa lain..

Sudah hilangkah kecintaan kita sama Indonesia ini seiring dengan berjalannya waktu..?? atau bahkan dari kecil pun kita sudah tidak peduli dengan tanah dimana kita berpijak..?? di tanah tempat kita dilahirkan dan dibesarkan..?? apa yang sudah kita berikan untuk ibu pertiwi..??

Masihkah kita mengaku Indonesia..?? sudah hilangkah yang namanya orang Indonesia..?? mana buktinya kalau kita mengaku Indonesia..??!!! MANA ORANG INDONESIA..??!!!!!!!!!!!!!! Jawab…!!!!!!!!

Sampah..!!!!!

cuman bisa mikirin diri sendirinya kita..!!!! Egois..!! dan bodoh..!! pake itu otak..!! keluar dari penjajahan kebodohan..!! malu sama anak kecil yang masih bisa upacara bendera dan menghormati bendera kebangsaan..

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,513 other followers

%d bloggers like this: