Ujung Genteng trip 1st day…

Hmmmm, awalnya saya dan beberapa kawan Teknik Sipil saya berencana untuk backpacking ke Ujung Genteng. Persiapan sudah dilakukan dari mulai survey harga angkutan, harga penginapan, sampe nanya2 orang yang udah kenal daerah sana…

Hmmmm, kenapa emang harus ke Ujung Genteng…?? ada apa emang disana…?? saya pun belum tahu, baru katanya dan katanya kalo pantai Ujung Genteng itu keren banget… Searching2 lah saya di internet (googling gitu) tentang UG, sampe akhirnya kenalan sama yang namanya Pak Petrus Suryadi yang akhirnya memberikan wejangan2 tentang UG.

Tapi, entah kenapa, akhirnya si rencana kita ini GAGAL…!!! Entahlah, dengan segala alasan kesibukan satu sama lainnya, akhirnya rencana backpack ke UG tidak jadi…

Namun, perjuangan belum berakhir sampai disitu… Setelah tahun baru 2009, ayah saya ngajakin jalan, yaudah, nyeletuklah sayah “Ujung Genteng…” obrol punya obrol, proposal diterima… (Horay…)

Adalah 5 Januari 2009, akhirnya saya beserta keluarga dan beberapa keponakan yang masih cilik2 berangkat ke UG. Berangkat dari Cimahi jam 8 pagi, dan ternyata baru nyampe sana jam 16.30.  6 jam lebih saya nyupir, tepar, tepar dah…

Bukan UG tempat kami saat itu tiba, tapi di sebuah perkebunan karet milik PTPN VIII, Perkebunan Cikaso. Sementara bapak saya beristirahat di tempat istirahat kami, saya dan beberapa saudara cilik2 sayah + Ibu melarikan diri kabur ke UG yang jaraknya sekitar 20km dari perkebunan Cikaso.

Waktu yang dibutuhkan dari perkebunan Cikaso ke pantai UG adalah sekitar 20an menit…

Apa yang kami tuju sore itu…?? Yah, tentu saja SUNSET…

Hmmmmm, saya perlu bukti yang katanya pantai UG itu indah, keren banget (katanya…) dan begitu saya parkirkan mobil di pinggir Pantai Dermaga Tua UG, saya langsung takjub melihatnya… Uwes… keren abis… Terbuktilah yang “katanya, katanya…” itu.

Pantai UG memang keren abis…

Pantai Dermaga Tua Ujung Genteng

jalan2 lah saya disekitaran situh, keliling2 sambil ngasuh saudara2 cilik saya yang turut serta… pasir di sekitaran Pantai Dermaga Tua ini bukan pasir pantai halus, tapi masih berupa pasir yang belum halus dengan kerang2 kecil.

Heheheh, numpang nampang…

Pasir pantai Dermaga Tua UG

Yah, kejadian selanjutnya adalah kita hanya foto2 saat itu, merekam indahnya Pantai Dermaga Tua UG.

Saya dan Ibu saya

dsc06657

dsc066631

dsc066761

dsc066821

Yang saya sayangkan waktu itu adalah gak bisa jalan2 soalnya udah kesorean… Yah, jadi advice buat yang mau jalan kesana, waktu yang cocok buat jalan2 nyusurin pantai sambil nungguin sunset adalah dari sekitaran jam 3 ato jam 4, jadi bisa sambil jalan2 dulu, trekking kecil2an…

Lagian kemaren saya beserta adik2 kecil sayah, yah terpaksa gak bisa mabur kemana2…

But anyway, sore itu sunsetnya keren… Nice one… sampai jam 18.30 kita disana, dan balik ke Cikaso.

Malam hari, sekitar pukul 23.00, 2 mobil (dapet mobil pinjeman dari perkebunan) berangkat menuju Pangumbahan, pantai tempat penyu biasa bertelur…

Jalan menuju pantai Pangumbahan, wedan, OFFROAD Abish…!!! kubangan lumpur, jembatan kayu yang hanya dari batang kelapa, lubang besar, semuanya lengkap… ban selip udah biasa…

Susah payah mencapai pantai Pangumbahan, yah, ternyata karena ketidaktahuan saya mengenai kebiasaan disana, akhirnya saya diporot (di mintai uang) secara halus oleh penduduk sekitar sana.

Karena setelah saya tahu, kebiasaan disana kalo mau ke pantai Pangumbahan, haruslah naik ojek… gak boleh naik mobil… what…??? katanya nyerobot rejeki tukang ojek disana… Akhirnya saya bernego dengan penjaga tempat sana yang ternyata kurang “baik” dan “ramah”. 50rb melayang…

Untuk sekedar info aja, daerah UG, jangan berharap penduduknya kayak pantai2 lainnya yang udah rame, kayak Pangandaran, Anyer, dkk. Karena mungkin UG ini masih banyak yang belum tau dan belum banyak yang berkunjung kesana, jadinya penduduk disana masih menganganggap orang2 yang jadi pengunjung kesana adalah orang “kaya”. Jadi berhati2lah anda terhadap kejadian yang pernah saya alami… perlu dijaga banget kelakuan kita disana terhadap penduduk sekitar sana…, masih agak liar…

Lanjut lagi, setelah kejadian pemorotan oleh oknum penjaga pos pantai Pangumbahan, akhirnya kami berjalan menyusuri pantai Pangumbahan yang gelap banget. dan lagi2 tidak mendapatkan sambutan yang baik. udah bayar, lalu dibiarkan begitu saja tanpa pemandu di tempat gelap. Emang dah, kesel banget…

Yah, sudahlah, akhirnya kami menyusuri pantai tanpa pemandu dan petunjuk jalan. Perlu diketahui, kalo kita mau lihat penyu bertelur, jangan bawa/melakukan sesuatu yang aneh2, kayak teriak2 di pantai, atau bawa senter. Dijamin, sebelum penyu sampe daratan untuk bertelur, dia gak akan mau menepi ke pantai, udah takut duluan. Nah, makanya, Pantai Pangumbahan ini gelap total tanpa cahaya sedikit pun.

Terkecuali jika penyu2 sudah mencapai daratan dan sudah menggali lubang untuk bertelur, barulah kita bisa foto2 bareng sama penyu.

Malam di Pantai Pangumbahan

Tak berapa lama, akhirnya penyu hijau (Chelonia Mydas) kami temukan lagi ngegali2 lubang, hehe, beruntung banget, gak nunggu lama2 langsung ketemu sama penyu yang katanya udah langka.

Subhanallah, akhirnya untuk pertama kalinya dalam hidup saya, ngeliat hewan yang bisa hidup sampai umur ratusan tahun ini…

Chelonia Mydas

Dengan memperhatikan gerak-geriknya dalam mengeluarkan telur,  saya menyadari betapa susahnya seekor penyu untuk menelurkan, belum lagi pasti banyak predator (termasuk dan terutama manusia) yang memburu telur penyu setelah dia menelurkan telurnya dengan susah payah…

Ternyata kita harus mulai menghargai makhluk hidup lain kawan…

dsc06730

Hmmm, nampaknya perjalanan hari pertama sampai disini…

hari pertama di UG adalah hari pembuktian dari yang “katanya, katanya” pantai UG itu keren, dan ternyata memang keren abis…

It’s a must place… =)

Bersambung…

Leave a Reply

