PNH (Paroxysmal Nocturnal Hemoglobinuria) vs Ikhlas

“Kuncinya Ikhlas…”

Sebuah status terakhir yang saya baca dari seorang kawan saya yang telah meninggalkan kita. 8 bulan lalu, beliau di vonis sebuah penyakit yang masih jarang di dengar, sebuah penyakit langka, bernama PNH (Paroxysmal Nocturnal Hemoglobinuria).

Penyakit ini merupakan penyakit darah yang bersumber dari mutasi genetik sel-sel sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang ini bertugas untuk memproduksi sel-sel darah (sel darah merah, putih, dan keping darah). Karena kelainan ini lah, sel darah yang dihasilkan tubuh tidak dapat hidup sesuai dengan usia seharusnya. Sel-sel darah ini mengalami lysis sebelum waktunya. Sehingga penyakit ini juga disebut sebagai anemia akut.

Biasanya lysis ini terjadi pada malam hari (noctrun), sehingga sewaktu pagi, biasanya urine yang dikeluarkan berwarna kemerahan, seperti coca-cola. Disamping itu, pertahanan tubuh melemah dari segala serangan, karena sel darah putih pun drop, keping darah yang berfungsi membekukan darah pun drop. (kalo saya salah, mohon dikoreksi)

Kawan saya ini divonis sekitar 8 bulan lalu. Perjuangan melawan penyakit ini berakhir pada tanggal 17 Agustus 2009. Ya, status terakhir di Facebooknya berbunyi “kuncinya ikhlas…

Kemudian, ada apa dengan ikhlas..?? ya, kembali sebuah pelajaran dari seorang kawan tentang yang namanya ikhlas. Terkadang kita selalu besar kepala dan keras kepala dalam menjalani hidup, kita terlalu banyak mengeluh, terlalu banyak kemauan. Sudah berapa nikmat-Nya yang kita lupa syukuri..??

Terkadang kita suka bilang “Iya, saya ikhlas, tapi…” kata ikhlas tidak mengenal “tapi…” ikhlas itu menyerahkan segalanya pada Tuhan, dan kita berusaha semaksimal mungkin… terkadang kita terlalu menyerahkan segalanya pada Tuhan, namun kita tidak berusaha… atau juga, kita berusaha maksimal, namun kita lupa akan Tuhan…

Mudah-mudahan kita selalu mendapatkan pelajaran dari segala sesuatu yang terjadi di sekeliling kita.. bukalah mata kita lebih lebar.. dunia kita ini terlalu indah kawan..

Dan, semoga, kawanku ini, yang memberi pelajaran, diterima di sisi-Nya.. Amin..

6 thoughts on “PNH (Paroxysmal Nocturnal Hemoglobinuria) vs Ikhlas

  1. amiiin. semoga diterima di sisi Nya.

    bener, pelajaran tuh biar kita bisa ikhlas.
    semoga bulan ramadhan nanti kita makin terlatih untuk ikhlas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s