Batik Gaul

Ada lagi satu cerita lucu dan aneh yang pernah saya alami bersama kawan saya bertemakan kelakuan orang Indonesia dan budayanya.

Sudah lama, mungkin hampir 6 bulan lalu, saya dan ketiga teman saya, sebut saja Ferdi, Qjat, dan CeYeKa (bukan nama sebenarnya Red.) Kami menghadiri pernikahan salah satu kakak kelas kami di perkuliahan. Pernikahannya dilangsungkan di Hotel Savoy Homan di bilangan jalan Asia Afrika, Bandung. Yah, waktu itu kami janjian pake batik kesana, karena emang udah wajar kalo di undangan kita pake batik.

Singkat cerita, seselesainya kami dari undangan itu, kami berempat berencana nonton bioskop di PVJ.

“Boi, cemana kalo kita pake batik ke PVJ.. gak usahlah buka2 batiknya.. berani gak..??” saya berkata pada ketiga kawan saya itu.

Jreng2, akhirnya kami berempat jalan ke PVJ pake batik. Batik Gaul. Hahahaha, ada satu hal yang menarik yang saya amati waktu kami pake batik sambil jalan2 di mal. Hampir semua mata tertuju pada kami. Entah itu menganggap kami aneh, freak, atau bahkan menganggap kami sebagai pelayan toko batik yang lagi jalan2 di Mal.

Tiba2, selagi kami jalan, “Hei Ry…!!!” seorang kawan lainnya yang sedang berjalan di mal dengan kawan-kawannya menyapa kami berempat. “Eh, kok pake batik sih..??” dia bertanya. “Hmm, gapapa, lagi pengen aja..” jawabku.

Hmmm, dari perkataan kawan saya itu bisa disimpulkan bahwa batik belum cocok dipake buat dijadikan pakaian gaul. Ada orang pake batik ke mal terus nonton di PVJ  masih dianggap aneh saat itu. waktu itu batik belum diaku oleh salah satu negara tetangga kita.

Herannya, tanggal 2 oktober kemaren, hari batik nasional katanya. banyak banget orang yang pake batik. Kemana-mana pake batik, gaya, gaul, ikut trend kalo hari ini hari batik. ke mal pun pake batik, ke kampus pake batik, ke kantor, ke wc, wah pokonya kemana2 pake batik..

Ah, urang bingung.. waktu kami jalan ke mal pake batik 6 bulan lalu dianggap freak dan aneh, pas tanggal 2 oktober pake batik malahan jadi trend.. sekarang..?? pada pake batik lagi gak..?? pantesan aja batik diaku sama negara tetangga kita.. pantes aja Adidas udah berani nge-patenin batik itu hasil karya Adidas.

Kapan sih orang Indonesia mau bangga dengan hasil karyanya sendiri..?? kapan sih orang Indonesia mau cinta sama budayanya..?? kapan sih orang Indonesia mau peduli dengan barang2 dalam negerinya sendiri..??

Batik itu indah kawan.. batik itu bisa dipake jalan2 di mal.. gak hanya kalo kita ke undangan.. batik itu bisa jadi baju gaul kayak kaos gaul.. itu gimana caranya kita aja untuk mencintai milik kita sendiri..

Batik_Indonesia

2 thoughts on “Batik Gaul

  1. Hey, I read a lot of blogs on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say GREAT blog!…..I”ll be checking in on a regularly now….Keep up the good work! 🙂

    – Marc Shaw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s