Bermotor pagi-pagi melewati PolBan

Tadi pagi sekitar jam 9an berangkat ke kampus naik motor. Biasanya saya lewat Gerlong, tapi tadi pengen nyari suasana baru, akhirnya saya nyoba rute lain lewat Polban, tembus Sarijadi, Marnath, Pasteur, Kampus. Ada kejadian menarik dan mengundang maut sebenarnya yang saya alami di depan gerbang belakang Polban.

Saya bermotor dengan kecepatan sedang agak cepat, sekitar 30-40an km/jam. menjelang gerbang belakang Polban, dari  arah berlawanan ada angkot Polban-Gerlong. Nah, di belakang angkot itu ada motor yang mau nyusul itu angkot. Seperti biasa, dan bisa ditebak, si motor maksa nyusul angkot itu, padahal dari arah berlawanan ada motor saya. Saya kita si motor akan menunggu saya dan dia berpapasan dulu, baru nyusul angkot. Ternyata eh ternyata, si motor tetep maksa buat nyusul itu angkot, dan berhadapan langsung dengan motor saya yang sedang melaju dengan kecepatan sedang agak cepat, 40 km/jam.

Skema Kejadian

Yah, sudah bisa ditebak hasilnya, tabrakan… tapi gak sampe jatoh2an.. hanya tabrakan stang motor saja. tapi sebenernya kalo saya boleh bilang, goblok bener kejadian kayak beginian.. dan pasti pernah dialami oleh semua pengendara kendaraan bermotor di seluruh Indonesia khususnya. Kok bisa..?? padahal udah jelas dari arah berlawanan ada kendaraan lain yang sedang melaju, tapi tetep aja maksa nyusul. Kok tolol..?? dan lebih anehnya lagi, si pengendara motor itu adalah mahasiswa Teknik Sipil PolBan.. Bisa saya kenali dari jaket hijaunya (jaket himpunan Mahasiswa Teknik Sipil PolBan).

Ayolah kawan.. masa kita mahasiswa yang mengaku menyandang kata “maha” di depan kata “siswa” masih berkelakuan ke begitu..?? apa artinya “maha” di depan kata “siswa”..?? jangan lah sampai jadi “Mehe-siswa” yang kelakuannya “mehe-mehe” dan “rehe“. Kapan kita mau jadi bangsa yang tertib berlalu-lintas…?? kapan kita mau berubah..?? kapan kita mau disiplin..??

Maaf, bukan maksud mendiskreditkan sebuah golongan atau komunitas, tapi hanya ingin menulis sebuah pemikiran untuk dievaluasi bersama, karena saya pun terkadang masih tidak disiplin kalo berlalu lintas.. untuk itulah, mari kita bareng2 jadi orang yang disiplin dimanapun kita berada, khusunya di jalan.

4 thoughts on “Bermotor pagi-pagi melewati PolBan

  1. Mengemudi itu bukan sekedar kemahiran dalam mengemudikan stir. Mengemudi itu sangat dipengaruhi oleh kondisi emosi pengendara.

    Emosi yang tidak stabil –> sifat machoisme berlebih, sikap sok, dan sifat teledor, salah satu penyebab kecelakaan kendaraan di Indonesia.

    Batasan umur dewasa = 17 tahun, seharusnya menjadi sebuah standar matangnya emosi seseorang dalam berkendara di lalu lintas, namun di Indonesia? seolah2 tidak ada bedanya antara pengendara berusia 13 tahun dengan 30 tahun.. sama2 kekanak2an dalam berlalu lintas.

    Didukung oleh sistem peraturan dan penegakan hukum dalam berlalu lintas yang LEMAH, kondisi seperti ini akan terus terulang.

  2. Saya lagi baca sebuah novel, ada sebuah dialog yang isinya kurang lebih seperti ini :

    “…Awal dari kekacauan hukum adalah ketika orang meremehkan aturan dan tidak adanya penegakan hukum…”

    berati kekacauan lalu lintas yang tiap hari kita alami dan lakukan adalah kesalahan pelaksanaan sistem, atau malahan sistemnya yang salah..

    ditambah lekatnya budaya di kita seperti yang kamu bilang Mad, yang suka menganggap naik motor itu harus “Macho” dan “Sok”, makin kacaulah kita disitu..

  3. mungkin itu tmen saya bang, sipil angktan 08. soalnya waktu itu tmn saya prnh bilng dia hmpir tbrakan tpi g smpe jtoh, cman mtornya udah smpe mnuver2 gtu deh…. 😀😀😀

  4. @Haidar
    hoo.. ya, hati2 saja kalo pake kendaraan.. udah tau lah kelakuan motor2 jaman sekarang kek apa.. saya juga sehari2 pake motor kok.. ya, kalo kita gak tertib dari diri sendiri, mulai darimana lagi..??

    salam.. =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s