Disiplin Berlalu-lintas

Senin pagi, tanggal 5 april 2010. Sekitar jam 06.30 saya mengantar adik saya yang masih SD ke sekolahnya di daerah jalan Taman Kartini, dekat Baros, Cimahi. Setelah mengantar adik saya, saya mengendarai motor matic dengan santai di jalan kecil akses ke sekolah adik saya itu. Tiba-tiba di depan saya terlihat seorang ibu berusia 30an menjinjing keresek penuh barang turun dari motor matic miliknya, dan dengan buru2 menghentikan laju kendaraan saya sambil melambaikan tangannya.

I (Ibu) : “Mas mas..” (melambaikan tangannya)
S (saya) : “Iya, kenapa Bu..??” (menghentikan laju motor)
I : “Mau tanya, di jalan yang mau ke arah Baros, yang di depan gereja, ada polisi gak ya..??”
S : “??? wah, saya kurang tahu Bu, tadi saya gak lewat sana. Saya baru dari SD, nganter adik saya..”
I : “Aduh.. saya gak pake helm.. tadi juga di jalan besar, saya diteriakin sama polisi..”
S : “Wah, kenapa gak pake helm Bu..??”
I : “Iya, tadi saya dari rumah temen saya subuh-subuh, belum ada polisi..”
S : “Ooo, pake helm atuh Bu..”
I : “Da deket, terus sebentar.. dikirain gak bakalan ada polisi..”
S : “Hmmm, ya harusnya sih tetep pake helm bu..” (senyum)
I : “Ummmm, kalo di depan Pura, kira-kira ada polisi gak ya De..??”
S : “Waduh, saya kurang tau juga bu.. tadi saya gak lewat sana juga..”
I : “Mmmmm..” (termenung) “Ya udah deh De, makasi ya..” (Sambil berjalan ke arah motornya dengan kebingungan)
S : “Mari Bu.. nanti pake helm ya..”
I : “Mari De.. makasi..”

Adakah yang bisa disimpulkan dari percakapan pagi diatas..?? kalo saya ada..
Si Ibu naik motor gak pake helm. Dan dia harus pake helm karena takut sama polisi, bukan karena preventif kalo ada kecelakaan. Ternyata masih banyak pola pikir seperti ini yang tertanam di masyarakat. Saya bingung.. peraturan udah ada, hukuman udah disediakan, penegakan..?? yah, adalah dikit, meskipun gak tegas2 amat kalo di kita. Eh, masih aja ada yang curi-curi.

Contoh lainnya adalah setelah saya perhatikan, masih banyak yang naik motor boncengan, tapi yang pake helm hanya yang nyetirnya saja. Penumpangnya/boncengannya gak pake helm. sama aja biasanya alesannya sama si Ibu kalo orang kayak gini di tanya. Paling jawabannya..

“Deket kok.., gapapa, yang penting kan yang di depan yang keliatan duluan sama polisi yang diliat pake helm ato gak..”
“Wah, ribet kalo nanti udahnya bawa-bawa helm 2, padahal kan deket, cuma mau nganter doang ke depan..”

sama aja alesannya kenapa pake helm ato gak. Karena takut sama POLISI, bukan takut sama KECELAKAAN. mungkin masyarakat kita belum mengenal apa itu usaha preventif. Haduh, saya bingung.. apa yang salah ya..?? apakah harus semua pengendara motor kecelakaan dulu, lalu jera, dan akhirnya pada pake helm semua di jalan..?? kan gak mungkin juga..

Satu lagi yang saya perhatikan selama perjalanan nganter adik saya siang itu. Meskipun saya gak punya data berapa jumlah angkot, berapa jumlah orang yang membutuhkan jasa transportasi umum, dan sebagainya. Sekilas saya bisa melihat, kok angkot ini banyak, tapi penumpangnya sedikit-sedikit ya..?? apakah saking banyaknya angkot..?? apakah penawaran angkot sudah surplus dibandingkan permintaan penumpang..?? saya gak tau.. tapi itu hanya pendapat pribadi tanpa data.
Apakah ternyata jumlah angkot di Bandung dan Cimahi ini sudah overpopulated..?? tidak efisien dalam pemanfaatannya..?? saya juga gak tau.. tapi yang jelas angkot itu (biasanya) ngetem sembarangan, nurunin penumpang sembarangan, nyetir seenak jidat, wah, pokoknya kacaulah..

Saya juga memperhatikan (tanpa data) kalo jumlah motor di kota makin aja membludak.. apakah karena saking mudahnya mendapatkan motor dengan kredit dan uang muka minimal 300.000?? apakah juga karena saking mudahnya mendapatkan SIM C..?? setau saya di luar negeri itu susahnya minta ampun buat dapetin driving license. atau juga apakah karena gaya hidup saja..?? orang gak gaul kalo gak punya motor..?? ah, entahlah.. tapi saya merasa Bandung dan Cimahi ini makin gak karuan padetnya sama kendaraan bermotor.. makin gak karuan juga kelakuan pengendara-pengendara kendaraan di jalan. pada gak tau aturan..

itu hanya sekedar tulisan tanpa data dari saya, hanya ingin sharing pengalaman.. =)

Leave a Reply

