Berburu Rasi Bintang the 2nd Part

Rabu malam, 14 Juli 2010, ketika saya mau pulang dari rumah seorang teman,  dia berkata

“Eh Ry.. sini..” katanya sambil menunjuk ke arah selatan.

“Langitnya lagi bagus..” katanya lagi.

“Eh, tuh ada scorpio..” aku menimpali.

“Mana..?? Eh iya..”

Hmmmm.. curiga tidur malem inimah..

Sepulangnya ke rumah, saya langsung mencari om EOS, masang tripod, nongkrong di halaman belakang rumah dan jepret sana, jepret sini.. hehehe.. dan ternyata.. banyak banget rasi baru yang bisa saya lihat.. ada Cygnus (waaaa.. ini yang udah lama saya cari..), Lyra, Lupus, Sagitarius, dan beberapa rasi-rasi kecil. ini hasilnya saya berburu dari 22.30 – 23.30 di halaman depan dan belakang rumah..

Langit Malam, 14 Juli 2010, 22.38

The Venomus Scorpius, The Archer Sagitarius, and Corona Australis

Seperti biasa, kalo (yang harusnya) musim kemarau kayak gini, Scorpio adalah rasi yang paling gampang dicari.. Cari saja bintang Antares yang agak kemerahan di sekitar tenggara atau selatan, itu pasti scorpio.. Tapi sayangnya Corona Australis susah dilihat, soalnya bintangnya gak terlalu terang.. harus cari tempat dengan polusi cahaya yang minim sekali. Dan.. satu rasi besar yang saya dapatkan lagi.. The Archer Sagitarius.. yeeeey.. hahaha.. Lanjut..

Langit Barat Daya, 14 Juli 2010, 22.44

Geser kamera sedikit ke arah barat, dapet pemandangan Libra dan Lupus..

The Libra, Lupus, and Scorpius

Saya coba mengarahkan kamera ke langit timur, berharap bisa dapet Capricorn dan Aquarius, tapi sayang, gak kelihatan.. polusi cahaya di langit timur arah rumah saya terlalu besar.. hehehe.. mudah2an lain waktu bisa dapet deh.. akhirnya langit utara jadi sasaran potret saya..

Langit Utara, 14 Juli 2010, 23.05

Saya melihat Vega di rasi Lyra.. cari saja bintang yang terang di arah utara, kemungkinan besar itu Vega.. (kalo yang tau lagunya Sherina, hehehe.. Canopus, Capella, Vega..). Daaan.. saya akhirnya melihat Angsa yang lagi terbang..!! indah banget.. soalnya agak susah si Angsa Cygnus ini dicari.. beruntung malam itu saya dapet.. hehehe.. ditambah beberapa rasi kecil lainnya.. ada Dhelpinus, Sagitta (anak panah), dan Velpecula.

The Swan Cygnus, and Lyra

saya juga mengarahkan ke arah barat, berharap dapet Virgo the virgin, tapi sayang udah kemaleman.. jadinya hanya dapet Spica-nya saja.. bintang paling terang di Virgo, buram pula.. jadi tidak saya post.. hehehe.. maybe next time..

Musim kemarau adalah musim berburu rasi bintang..!! ayo ayo..

to be continued..

One thought on “Berburu Rasi Bintang the 2nd Part

Leave a Reply

