Efek Akibat Kurang Tidur

Dulu, waktu masih mahasiswa, paling doyan tidur larut malam. Eh, setelah lulus pun ternyata masih tetap. Hahahaha, padahal sebenarnya pola tidur dan pola makan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Biasanya mahasiswa kalo sakit, bukan karena apa-apa, kebanyakan gara-gara pola makan dan tidur tadi yang tidak baik. Kenapa..??

Ternyata pola tidur mempengaruhi kesehatan kita. Saat tubuh kita bekerja sampai larut malam, katakan mengerjakan tugas kuliah sampai larut malam. Tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol. Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah, memperlemah sistem imun, dan memperlambat pertumbuhan sel. Sedangkan, hormon yang seharusnya bekerja saat itu, Melatonin, tidak disekresikan. Melatonin adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang fungsinya sebagai imun untuk tubuh. Melatonin ini disekresikan tubuh sekitar pertengahan malam. Kortisol juga dapat menghambat sekresi hormon serotonin. Kalangan dokter kadang menyebut kortisol sebagai “death hormone“. Tidak heran kalau ada anekdot getting less sleep increases your mortality rate!.

“Gak masalah tidur larut malam, kan besok pagi sampai siang bisa tidur..!!”

Bukan masalah tidurnya, tapi masalah waktu tidurnya. Berbeda kasus antara orang dengan gaya hidup kelelawar, malam terjaga, siang tidur, dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal. Kenapa..??

9 – 11 PM
Pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana rileks. Bila saat itu seseorang masih dalam keadaan sibuk, maka proses di atas tidak akan berjalan baik.

11 PM – 1 AM
Proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

1 – 3 AM
Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

3 – 5 AM
de-toxin di bagian paru-paru. Akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses de-toxin telah mencapai saluran pernafasan, tak perlu minum obat batuk supaya tidak mengganggu proses de-toxin.

5 – 7 AM
de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

7 – 9 AM
Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, saat yang baik untuk sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bayangkan kalau kita tidur terlambat dan larut malam terlalu sering.. berapa banyak racun yang tidak ter-detox..?? berapa beban yang harus ditanggung hati untuk detox..?? lagipula sekitar 12 PM – 4 AM adalah saat sumsum tulang belakang memproduksi darah.

Lagipula kita semua pasti pernah merasakan bedanya saat tidur cukup di malam hari dengan kita terlambat tidur, dan tidur di siang hari. Rasanya segar saat kita tidur dengan normal di malam hari. bangun di pagi hari, buka jendela, hirup udara pagi.. segarnya bukan main..!! oksigen pagi hari itu menyehatkan tubuh..

Tapi bukan berarti tidak boleh tidur larut gara-gara harus lembur, ngerjain tugas, dll. Tapi alangkah baiknya porsi seperti itu dikurangi.

Tidur cukup pada malam hari pun ternyata membantu mempertajam daya ingat. Memang sudah menjadi fitrah tubuh mungkin yah, kalau malam itu saatnya istirahat. Otak pun ternyata perlu istirahat, dan waktu terbaik untuk otak beristirahat adalah saat malam hari. Seperti halnya komputer, pasti butuh di shut down, jika tidak, bakalan overheat. Overheat otak akan menimbulkan gejala mudah stress, depresi, dan mudah sakit kepala. Hal ini juga mungkin yang menyebabkan kurang tidur dapat mempengaruhi psikologis seseorang.

Kenapa tidak, kita mulai bergaya hidup sehat dengan mengatur pola tidur dan pola makan yang baik. =)

===================================================

Sources :
Stop kebiasaan tidur malam
sleepenough.com

One thought on “Efek Akibat Kurang Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s