Perseid Meteor Shower 2010

Hujan meteor Perseid ini biasanya terjadi setiap tahun pada pertengahan tahun. Sekitar bulan juli-agustus, namun mencapai puncaknya sekitar pertengahan agustus. Kebetulan tahun 2010 ini, katanya Perseid meteor shower ini bakalan terjadi tanggal 13 Agustus dini hari nanti. Tidak ada salahnya sambil nunggu sahur, kita liat2 langit, siapa tahu kita dapat melihat bintang jatuh.. =)

Kenapa dinamakan Perseid Meteor Shower..?? karena hujan meteor ini bisa kita lihat di sekitar arah rasi bintang Perseus berada. Pernah dengar nama Perseus kan..?? pasti pernah. Ingat film Clash of The Titans..?? ya.. film itu berkisah mengenai Perseus, salah satu anak dari Zeus yang berhasil membunuh Medusa dan Kraken.

Dimana letaknya rasi Perseus itu..?? Bulan agustus sekarang, Rasi bintang Perseus itu terletak di sekitar arah 30 derajat dari arah utara ke timur (timur laut) pada dini hari, sekitar pukul 1 – 3 dini hari. untuk lebih jelasnya, klik saja gambar di bawah ini.

Perseid Meteor Shower ini diakibatkan oleh serpihan debu ekor komet Swift-Tuttle yang masuk dan terbakar habis di atmosfer bumi. Komet ini berevolusi terhadap matahari dengan periode 130 tahun. Dan setiap pertengahan bulan agustus, Bumi melintasi orbit si komet ini. Perseid meteor shower ini adalah salah satu fenomena langit malam yang cukup terkenal dan cukup mudah untuk dilihatnya. Karena biasanya, jumlah meteor yang bisa terlihat sangat banyak dibandingkan dengan meteor shower lainnya.

So..?? tidak ada salahnya sambil nongkrong nungguin sahur nanti, kita cek cek langit di sekitar timur laut. siapa tahu ada bintang jatuh.. hehehehe..

=====================================

sumber :
Wikipedia
http://antwrp.gsfc.nasa.gov
Stellarium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s