Pistachio

Ada apa dengan Pistachio..?? bukan, Pistachio bukan nama pemeran telenovela, pistachio adalah nama sejenis kacang. Kacang dengan kulit keras seperti telur, dengan kacang berwarna agak kehijauan di dalamnya. Pertama kali saya icip-icip makanan ini adalah waktu kakek nenek saya pergi haji, dan bawa oleh-oleh kacang pistachio. Rasanya..?? wah, gak usah ditanya.. enak..!! asin..!! gurih..!!

Karena kacang ini adalah salah satu dari tanaman gurun, tempat asal dari makanan satu ini adalah diperkirakan dari timur tengah. Berjalan seiring dengan sejarah, kacang ini tersebar ke seluruh dunia melewati jalur perdagangan, baik itu lewat lautan, maupun lewat jalur sutra ke arah China. Ditemukan fakta bahwa ternyata, manusia sudah menikmati makanan ini dari 7000 tahun SM. Sehingga tidak heran, orang-orang terkenal jaman dulu sudah menjadi penikmat kacang Pistachio ini. Sebut saja Queen of Sheba dan Nebuchadnezzar yang punya pohon pistachio di Hanging Gardens miliknya.

Wah, bahaya euy ngemil kacang mah.. kolesterol..!! Tidak.. ternyata pistachio ini tidak mengakibatkan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena pistachio mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tidak terendapkan di pembuluh darah dan mudah terurai. Bahkan menurut penelitian, kacang ini membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, pistachio kaya akan Arginine. Apa itu Arginine..?? Arginine adalah salah satu senyawa yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Arginine ini membantu memperbanyak kadar oksida nitrit dalam tubuh yang mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

Pistachio juga adalah sumber vitamin B6, mangan, tembaga, potassium (kalium), Phosporus, Magnesium, serta mineral lainnya. Gak cukup..?? Pistachio juga masuk ke dalam list 100 makanan dengan antioksidan terbesar yang membantu memerangi radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin..?? pernah dengar..?? kedua zat ini baik untuk memperbaiki penglihatan yang rabun saudara-saudara.

Masih kurang..?? yang namanya kacang-kacangan, pasti tinggi akan kandungan protein. Selain itu, Pistachio juga ternyata kaya akan serat. Pistachio dapat menyediakan 3 gram serat per hari nya, atau 12% dari kebutuhan serat per harinya. Setara dengan satu porsi oatmeal.

Haaah, kan jadi pengen.. ada yang mau beliin saya kacang ini di arab..?? hehehe..

================================================

Sources :
http://www.pistachiohealth.com
http://www.buzzle.com/articles/pistachio-nutrition-facts.html

6 thoughts on “Pistachio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s