Dirgahayu Indonesia

Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh
sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena
tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada
saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat
Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang
merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh
keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka
rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara
Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah
darah Indonesia
dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan
kehidupan bangsa
, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang
berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka
disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu
Undang-undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu
susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan
berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan
beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan
mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

===================================

Tujuan negara kita sudah tertulis di pembukaan UUD 1945 diatas. Sudah tercapai belum..??!! pastinya belum. Kenapa..?? karena itulah adanya negara. Kalau tujuan itu sudah tercapai, tidak perlulah ada yang namanya negara. Negara itu salah satu tools untuk mencapai sebuah tujuan komunitas bukan..??

Yang menjadi masalah adalah bagaimana si komunitas ini bisa mencapai tujuan mereka tersebut. Komunitas terdiri dari individu-individu dan kelompok-kelompok yang lebih kecil. Individu dan kelompok ini pastinya punya kepentingan dan tujuan yang berbeda pula. Nah, lalu bagaimana kalo udah tujuan dan kepentingannya pun berbeda-beda pula bisa jadi satu tujuan..?? Gak masalah kalo memang sudah ada kesepakatan diantara individu ataupun kelompok mengenai tujuan besar dari sistem yang dikelola secara bersama-sama.

Ibaratnya sebuah perusahaan. Semua divisi mempunyai tugas, kewajiban, dan peran yang berbeda-beda. Tapi sistem perusahaan ini punya tujuan yang sama bukan..?? mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dari apa yang mereka usahakan. Para direksi berada di garis depan sebagai ujung tombak perusahaan, dan pekerja mendapatkan hak mereka dari usaha mereka.

Sama seperti negara. Setiap individu, setiap golongan pasti punya porsi hak, kewajiban, dan perannya masing-masing. Namun terkadang dalam sebuah negara, individu, golongan belum paham apa tujuan dari negara tersebut. Ditambah pemerintah yang seharusnya memenuhi kebutuhan rakyatnya belum bisa memenuhinya.

Intinya dibutuhkan kerjasama antar elemennya untuk mencapai tujuan bersama (kalo inimah udah pada tahu lah yah..). Masalah cara kerja, metode kerja, itu kembali kepada kebiasaan, budaya, dan kecenderungan individu-individu yang ada di dalam sistem negara tersebut. Karena negara pun dibentuk oleh adanya bangsa, dan bangsa dibentuk oleh budaya.

Indonesia ini terbentuk dari berbagai golongan, berbagai suku bangsa. Inilah yang menjadikan Indonesia lain dari negara lainnya. Negara lain tidak memiliki bangsa sebanyak yang Indonesia miliki. Nah, perbedaan bangsa ini bisa menjadi positif dan bisa menjadi negatif. Tergantung dari cara kita menyikapinya. Jargon Bhineka Tunggal Ika pasti sudah pada kenal. Ini jargon ini terkesan untuk menghindari sisi negatif dari keberagaman Indonesia. Perbedaan ini adalah hal yang sensitif, tinggal bagaimana kita menyikapi perbedaan.

Saya hanya baru menemukan satu solusi untuk hal ini, saling Menghargai dan Menghormati.

Layaknya pacaran. Kita dan pacar kita pasti punya kebiasaan berbeda, tinggal bagaimana cara menyikapinya. Jika kita bisa saling menghormati, menghargai, memberi masukan, pastinya legowo-legowo aja itu hubungan. Tapi kalau sudah tidak ada perasaan saling menghargai dan menghormati antara keduanya, biasanya hubungannya mudah putus. Saling pengertian, saling nerima, saling menghargai antar satu dan lainnya.

Sama bukan dengan negara pun..?? kita pasti berasal dari daerah, kebiasaan, dari budaya yang berbeda. Masalahnya janganlah perbedaan tersebut jadi pemecah kita. Jangan ada jurang pemisah antara golongan-golongan. kalau kita sudah membuat batas terhadap golongan tertentu, pastinya susah nyambungnya. Terbuka aja kenapa..?? Itu masalah perbedaan.

Sekarang masalah kinerja sistem. Kalau ada sebuah komunitas bermasalah, pastinya ada masalah di sistem yang mengatur komunitas tersebut. Apakah sistem yang lama sudah tidak aktual lagi terhadap komunitas sekarang..?? Sistem negara kita itu demokrasi dari dulu (bener apa enggak yah..??) apa perlu dirubah..?? atau ternyata bermasalah di individu dan golongan yang ada di dalamnya..?? tergantung persepsi. Kalau anda orang yang mengedepankan humanis, pasti akan menyalahkan sistem yang sudah tidak sesuai dengan kehidupan manusia jaman sekarang. tapi kebanyakan sekarang berpendapat bahwa masalahnya adalah di individu-individu pembentuk sistem tersebut, termasuk pemerintahnya, termasuk direksinya.

Masalahnya apa..?? emang ada masalah..?? saya pun sampe sekarang gak tau apa masalahnya.. tapi yang saya tau ada solusinya.. apa..?? ya itu tadi.. saling menghargai dan menghormati antar golongan, kembali ke porsi dan tugasnya masing-masing. Jalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Itu saja. Atau ada yang lain..??

========================

hanya sedikit unek2 saya di ulang tahun Indonesia yang ke 65 tahun..
kalo dianalogikan manusia, Indonesia udah dikasi bonus umur 5 tahun sama Tuhan.. tinggal bagaimana pinter-pinternya dia menyiasati sisa umur yang bakalan dikasi. Pinter-pinternya dia ngurusin cucunya yang bakalan ngurus rumah yang bakalan ditinggalinnya nanti.

Dirgahayu Indonesia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s