Hari Batik

2 Oktober..

Apa sudah pada lupa..?? hari ini hari batik nasional..?? perasaan gak terlalu banyak orang yang pake batik hari ini.. apa karena hari sabtu..?? tidak seheboh waktu pertama kali digaungkan tahun lalu.. Disarankan, bahkan beberapa instansi mewajibkan menggunakan batik sehari penuh..

Apa emang kebiasaan orang Indonesia aja..?? yang heboh saat tertentu saja, udah itu ngilang gak tau kemana.. setiap peristiwa tentang batik, saya akan selalu teringat dengan pengalaman saya dulu, jauh sebelum ribut tanggal 2 oktober adalah hari batik nasional. Dahulu kala, jauh sebelum masa2 ribut batik di klaim oleh negara tetangga kita, saya dan beberapa kawan saya sepulang dari nikahan kakak kelas, main ke mal tanpa ganti busana. jadi, kami jalan2 pake batik keliling di PVJ Bandung. Kami dianggap aneh saat itu, karena pake batik ke mal. anehnya, setelah tanggal 2 oktober, ribut pada pake batik kemana2.

pengalaman selengkapnya bisa dibaca disini

BATIK GAUL

Lanjut ke masalah hari batik. Entahlah, saya merasa risih aja ngeliat kelakuan orang Indonesia yang lebih suka pake baju gaul, hotpants, tanktop, celana emo, jaket adidas, jaket nike, apalah, ketimbang pake batik. Emang batik gak bisa dipake gaul..?? hei..!! mindset..!! dalam otak kita sudah termindset kalo batik itu dipake hanya kalo ke acara resmi, udangan nikah, dan acara resmi lainnya.

Jangan sampe lah kita jadi bangsa yang bisanya ngomong doang.. sayang.. kekayaan alam kita nomer 1 di dunia, kekayaan budaya pun terkata nomer 1 di dunia.. jangan sampe kek tikus mati kelaparan di lumbung padi.

Harusnya kita merasa malu. Bapak2 bule ini aja seneng pake batik, malahan dia ikut nari merak.. kita..??

5 thoughts on “Hari Batik

  1. Yah, para pembaca, Rizky ini adalah salah satu tokoh cerita saya di dalam tulisan yang berjudul BATIK GAUL..

    hahaha.. edan pisanlah jaman eta.. malah sempet ada yang nanya..
    “Kenapa pake batik Ry..?? mau kemana..??”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s