Pulau Jawa, Sebuah Kegagalan Pembangunan

PERTUMBUHAN PDB TAHUN 2009 MENCAPAI 4,5 PERSEN

– sumber : BPS No. 12/02/Th. XIII, 10 Februari 2010

berikut adalah data yang saya dapat dari hasil browsing

Sektor industri dan pertanian, peternakan, dan perikanan masih jadi sektor terbesar penyumbang PDB – Pendapatan Domestik Bruto di Indonesia.

Struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada triwulan IV-2009 masih didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 57,6 %, kemudian diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 23,5 %, Pulau Kalimantan 9,5 %, dan Pulau Sulawesi % persen dan sisanya 4,8 % di provinsi-provinsi lainnya.

Berdasarkan perbandingan provinsi-provinsi di Indonesia, tiga provinsi penyumbang terbesar dari sisi kontribusi adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat, ketiganya memberikan konstribusi 45,7 persen terhadap Indonesia. Lebih rincinya : DKI Jakarta (16,6 %), Jawa Timur (14,7 %), dan Jawa Barat (14,4 %).

Dari Pulau Sumatera tiga provinsi terbesar adalah Riau (7,1 %), Sumatera Utara (5,2 %), dan Sumatera Selatan (3,1 %). Provinsi penyumbang terbesar di Pulau Kalimantan adalah Kalimantan Timur sebesar 6,4 %, sedangkan provinsi penyumbang terbesar di  Pulau Sulawesi adalah Sulawesi Selatan sebesar 2,2 %.

Bisa dilihat kejomplangan dari data penyumbang terbesar PDB di Indonesia. Lebih dari 1/2 pendapatan Indonesia dihasilkan di pulau Jawa. Bagaimana tidak, pembangunan di Indonesia masih dikatakan belum merata. Padahal pada UUD dan Pancasila, dijanjikan pemerataan pembangunan. Masih ingat kan, bunyi sila ke-5 dari pancasila..??

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia..”

Keadilan sosial bukan hanya untuk rakyat pulau jawa loh.. tapi rakyat Indonesia loh.. Wajar saja sekarang kalo banyak daerah yang protes dengan pemerintah, bahkan sebagian ingin memisahkan diri dari Indonesia. Wajar kalo sekarang banyak pulau-pulau terluar Indonesia yang diambil alih oleh negara tetangga. Kenapa..?? karena gak diurus.. Perhatian pemerintah mengenai ekonomi masih terpusat di Pulau Jawa, terutama DKI Jakarta. Perputaran uang di Pulau jawa sangat kencang, sedangkan di daerah lambatnya bukan main.

Wajar juga kalo sekarang pulau jawa padetnya udah kayak kebon binatang kehabisan lahan. Haaah.. inilah yang gak wajar dari Indonesia. Ada apa dengan kita..??

Potensi Indonesia masih banyak yang belum ditemukan. dan itu bukan di pulau Jawa, tapi di daerah luar pulau Jawa. Kenapa semua harus terpusat di Jawa..?? tanya we kenapa..

3 thoughts on “Pulau Jawa, Sebuah Kegagalan Pembangunan

  1. Eh, sori, PDB teh bukan pendapatan domestik bruto, tapi produk domestik bruto.

    GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP)
    nilai uang atau nilai moneter semua barang serta jasa yang dihasilkan oleh suatu negara pada suatu periode tertentu.
    Meliputi konsumsi, belanja/pengeluaran pemerintah, investasi, serta ekspor bersih (ekspor dikurangi impor). Disimbolkan dengan Y = C + I + G + (X – M).
    GDP merupakan indikator yang baik untuk menilai kesehatan ekonomi suatu negara. Biasanya diukur secara tahunan, meskipun perhitungan bulanannya juga diumumkan.

    ======================================

    kalo dari penjelasan diatas sih PDB bisa disangkut pautin sama keadaan ekonomi daerah setempat. Makin besar PDBnya, berarti kegiatan perekonomian tempat tersebut makin baik, begitu sebaliknya..

    saya ngambil korelasi sama pembangunan daerahnya diliat dari si kegiatan ekonominya jat.. dengan kata lain, daerah penyumbang PDB yang kecil, itu bisa jadi salah satu indikator bahwa daerah tersebut potensinya belum digali, atau pembangunan daerahnya belum ada, jadinya perekonomian pun hanya kecil-kecilan aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s