Cina Sukses Sensor Tayangan Seks dan Realiti Show ‘Lebay’ di TV

Media pemerintahan Cina melaporkan bahwa pemerintah Cina sukses mengkampanyekan pemotongan program televisi yang berisi konten seksual dan program yang tidak menyenangkan melalui saluran televisi satelit.

Pembuat regulasi siaran Cina memerintahkan untuk memotong dua pertiga program acara yang mengedepankan pertunjukan bakat dan menjual cerita emosional. Mereka percaya bahwa langkah untuk memotong program hiburan adalah sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Sampai akhir tahun lalu, menurut kantor berita Xinhua, saluran satelit mulai menunjukkan program yang mempromosikan nilai tradisional dan nilai sosial. Pejabat Cina juga mengatakan telah melarang sebuah stasiun televisi di Cina Utara untuk menampilkan program yang menunjukkan sikap tak hormat terhadap orang tua dan konflik keluarga.

Pemerintah Cina sudah lama berjuang untuk mengkampanyekan lingkungan yang sehat. Berbeda dengan acara televisi dan film dari Hongkong, Taiwan dan Barat yang beredar luas secara online dan melalui DVD bajakan.

Dalam jurnal Partai Komunis, Quishi, Presiden Hu menegaskan bahwa Cina harus mempromosikan budaya sendiri. “Kita harus waspada terhadap kekuatan musuh yang melakukan westernisasi terhadap negara kita,” ujarnya.

Cina memang secara rutin menyensor apa saja yang dianggap mengganggu stabilitas politik negara tersebut, mulai dari lagu hingga film. Super Boy misalnya, sebuah kontes menyanyi mirip American Idol, diperintahkan untuk menampilkan lagu-lagu yang ‘sehat’ dan menginspirasi. Kontes tersebut juga dilarang untuk menampilkan adegan penggemar yang menjerit atau menangis karena idolanya kalah.

Sumber : http://www.fimadani.com/salut-cina-sukses-sensor-tayangan-seks-dan-realiti-show-lebay-di-tv/

=================================================================

Yang saya salutkan satu lagi dari China ini adalah berani dengan tegas menganggap westernisasi adalah sebuah musuh. Musuh dari kebudayaan sendiri.

Kita..?? Indonesia..?? malah bangga dengan westernisasi dan menganggap westernisasi adalah sebuah kebanggaan. Jadi sebenernya siapa yang otaknya gak dipake..?? preeet.. mau dibawa kemana sih Indonesia ini..?? saya juga bingung..

Padahal tujuan negara udah jelas2 tercantum di UUD.. atau udah pada gak inget kita punya UUD sebagai dasar..?? ah, kita terlalu sibuk buka kitab facebook sama nge tweet kayaknya yah..??

One thought on “Cina Sukses Sensor Tayangan Seks dan Realiti Show ‘Lebay’ di TV

  1. Pingback: My Homepage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s