Negeri Pars Pro Prototo

Pars pro toto adalah sebuah majas yang digunakan sebagian unsur/objek untuk menunjukkan keseluruhan objek.
-wikipedia.co.id-

Saya pikir, sama seperti Indonesia, yang men-generalisir kehidupan di ibukota menjadi kehidupan di Indonesia. Kita ini hidup dengan berbagai macam budaya, tapi nampaknya akhir-akhir ini ada penyempitan pemikiran bahwa Indonesia itu ya jakarta.

Secara kasat mata sudah bisa terlihat, kalau kita itu jakarta sentris. Pusat perekonomian di jakarta, pusat pemerintahan di jakarta, dan hampir 80% perputaran uang itu terjadi di jakarta tiap harinya.

Wajar kalo sekarang jakarta menjadi tempat berbagai impian orang Indonesia menggantung. Daerah lain..?? Yah, kurang terperhatikan.

Entah apa yang salah, kalau seperti ini terus, bakalan makin banyak daerah yang ingin otonomi, bahkan mungkin berpisah dari Indonesia. Sangat wajar.

image

Disamping, jakarta sudah menjadi kota yang jenuh. Jenuh dengan manusia, dengan jumlahnya, dan dengan berbagai warnanya, terlalu berwarna.

Banyak warna itu memang bagus, lebih baik daripada monoton hanya satu warna. Tapi bagaimana kalau terlalu banyak warna dicampurkan dalam sebuah kanvas..?? Hitam. Ya.. jika terlalu banyak warna dicampur diatas sebuah kanvas, kanvas itu akan menjadi hitam. Menjadi jenuh karena terlalu banyak warna..

Pemikiran dan budaya pun sepertinya sudah semakin dipersempit menjadi kakarta sentris.. tidak lain tidak bukan karena pengaruh media. Ya.. media lagi media lagi. Media sekarang terlalu banyak membahas mengenai kehidupan ibukota.

Yah.. inilah kita sekarang.. hahaha.. biarkan jakarta menjadi kota yang jenuh..

One thought on “Negeri Pars Pro Prototo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s