Kemerdekaan Indonesia..

Indonesia merdeka 17 Agustus 1945..??

Tidak.. Belum.. menurut saya Indonesia belum merdeka.. Indonesia masih dijajah.. Oleh siapa..?? oleh pemikiran. Memang sebetulnya definisi merdeka itu apa sih..?? kalau definisi merdeka adalah bebas melakukan apa saja sekehendak hati orang tersebut, maka gak ada ada yang namanya kata merdeka. karena setiap individu, atau kelompok akan dibatasi hak dan kewajibannya oleh individu atau kelompok lainnya. dalam artian gak bisa hidup dengan seenak perut mereka sendiri.

Saya lebih setuju kalau definisi merdeka itu adalah saat di mana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi (Wikipedia). Merdeka sangat berbeda konteksnya dengan Bebas.

Pertanyaan simpel nya. Sudahkah Indonesia menjadi negara yang dijelaskan pada definisi diatas..?? belum..?? iya.. memang belum. Indonesia memang belum merdeka. Lantas, apa gunanya tanggal 17 Agustus itu..?? hanya euforia sesaatkah lepas dari Belanda dan Jepang..?? mungkin Iya. Lantas, kenapa seluruh produk yang kita gunakan sehari-hari masih merk buatan luar negeri..?? Bukankah negara merdeka itu bisa mengurus hidupnya sendiri tanpa ada ketergantungan dari negara lainnya..??

Oke, kita memang makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya pihak lain yang berpengaruh pada kehidupan kita sendiri. Tapi apakah wajar, jika kita selalu menggunakan sumber daya dari orang lain..?? apakah kita gak punya sumber daya itu..??

Bung.. Indonesia itu negeri paling kaya di dunia jika dibandingkan dengan negara lainnya seperti Jepang, Amerika, dll. Negara2 adidaya pun saling sikut untuk bisa masuk ke Indonesia. Kenapa..?? karena mereka tau potensi kita itu seperti apa. Kita sendiri..?? kita gak punya mapping potensi kita itu seperti apa.

Sekarang orang kita akan lebih bangga kalau pakaian yang dipakainya bermerk luar negeri.

Bung.. saat ini kita masih dijajah. bukan menggunakan senjata. Tapi kita dijajah dengan yang namanya Toyota, Daihatsu, K-Pop, Danone, dll.

bukankah semuanya itu hal yang sehari2 kita jumpai. tapi sadarkah..?? itu semua bukan punya kita..?? itu semua lahir bukan asli pemikiran orang Indonesia..?? Lontong..!! sadarlah Bung..!!! Lontong semua memang isi otak orang Indonesia.. yang dipikirin hanya isi perut..

2 thoughts on “Kemerdekaan Indonesia..

  1. “Lontong semua memang isi otak orang Indonesia.. yang dipikirin hanya isi perut..” –> termasuk yg nulis blog ini ya?? hahaha
    solusi awal sih ya kembangkan dulu kesadaran diri tiap SDMnya, dan itu tanggung jawab siapa coba? pemerintah kan?? berarti yg lontong siapa dong?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s