Rasi Bintang

Entah kenapa akhir2 ini saya senang lagi dengan yang namanya astronomi. Dulu, sewaktu saya SD dan ditanya “kalo udah besar mau jadi apa..??” saya pasti jawab “pengen jadi astronom…”. Mungkin karena berawal dari ajakan salah satu teman saya di kampus untuk main ke Boscha. Saya sempat melihat toko teleskop yang di dekat Boscha, pas nyampe rumah, akhirnya saya iseng untuk melihat-lihat yang namanya teleskop. Wow, keren juga yang namanya teleskop ini, meskipun memang saya belum banyak mengerti. Akhirnya dari situlah saya kembali tertarik dengan dunia astronomi, dan akhirnya searching2 mengenai sama yang namanya rasi bintang, konstelasi bintang, dan gugusan bintang.

Dari dulu, saya memang termasuk penikmat langit malam, dari SD udah sering malem2 nongkrong di genteng rumah. Yah, menikmati langit malam memberikan kepuasan tersendiri buat saya, entah kenapa, hehehe, udah hobi. Dan kebetulan, rumah saya terletak di kawasan Bandung yang agak utara, agak jauh dari yang namanya kota, jadi kalo malem, cahaya lampu-lampu kota tidak menghalangi pandangan saya untuk menikmati langit malam.

Yap, cukup curhatnya. Balik ke topik. Saya mengenal yang namanya rasi bintang pertama kali adalah dari majalah BOBO. Nah, karena rasi bintang inilah saya tertarik sama yang namanya langit malam hari.. Kalo kata wikipedia, rasi bintang adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Bentuknya bisa macem2, namanya juga macem2, dan kebanyakan bentuk dan nama rasi bintang yang populer adalah dari mitologi yunani kuno.

65763main_Constellation_Patterns

Rasi bintang yang pertama saya temukan dan bisa saya lihat di langit adalah rasi bintang pari/crux. Rasi bintang ini berbentuk pari/layang-layang/salib dan bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Yah, salah satu fungsi rasi bintang juga adalah sebagai petunjuk arah pada malam hari kalo tiba-tiba kita kehilangan arah. Pada setiap rasi bintang, ada satu bintang yang paling terang, dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α (lihat gambar)

cru_con

rasi bintang pari/crux – arah selatan

Rasi bintang kedua yang bisa saya temukan sendiri di langit, tentunya setelah liat peta rasi bintang adalah rasi bintang orion/pemburu. Rasi bintang ini dapat dilihat di langit sebelah barat. Dinamai Orion, yang artinya adalah pemburu, rasi bintang ini didedikasikan bagi Orion, putera Neptune, seorang pemburu terbaik di dunia. Orion ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar yang berjajar membentuk sabuk Orion (Orion Belt). Satu lagi yang menarik bagi saya di rasi orion ini adalah adanya bintang Bellatrix dan Betelgeuse pada konstelasinya. Bellatrix identik dengan tokoh dalam Harry Potter, sedangkan Betelgeuse adalah salah satu judul film anak2 waktu dulu. Ternyata saya baru tahu kedua nama itu adalah nama bintang, termasuk Sirius, Remus, Regulus, dan lain-lain dalam dunia perfilman. Selain sebagai petunjuk arah barat, rasi bintang orion ini/waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya.

SGU_RGE-objects-Orion-070315-20-50mmf5p6-STL-H37x10m-LRVB6x10m-VRG1LL-LM-cp8Orion

Rasi Bintang Orion/Pemburu – arah barat – petunjuk musim bercocok tanam

Rasi Bintang ketiga yang mungkin paling populer dan dapat dikenali, menjadi petunjuk arah utara adalah rasi bintang Biduk/Great Bear/Beruang besar yang menunjukkan arah utara. Bentuknya seperti gayung, dan terdiri dari 7 buah bintang, karena itu juga terkadang rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi bintang tujuh. Rasi bintang ini terlihat sepanjang tahun di langit utara.

umi_con

Rasi Bintang Biduk/Great Bear – arah utara

Rasi bintang keempat yang bisa dikenali dan menjadi petunjuk arah adalah rasi bintang scorpio. Rasi bintang satu ini agak susah dicari, karena jumlah bintang yang membentuk konstelasinya cukup banyak. Rasi Scorpio ini menjadi petunjuk arah tenggara/timur langit. Dalam mitologi yunani kuno, Scorpio ini adalah utusan Apollo untuk membunuh sang Pemburu, Orion. Pada konstelasi ini juga terdapat bintang Antares, salah satu bintang paling terang yang pernah ditemukan.

3522436a87fb57879476bda119fc7aca7fb7179

Rasi Bintang Scorpio

Haaaaah, cukuplah untuk sekarang, minimal saya sudah mengenal rasi bintang untuk mengenal ke 4 arah mata angin, jaga-jaga kalau sewaktu-waktu tersesat malam hari di sebuah tempat antah berantah. hehehe… Mari menikmati langit malam hari.. mari menikmati dan mengagumi ciptaan-Nya sambil bersyukur pada-Nya. Cobalah sekali-kali tengok langit malam hari dengan jutaan pesona yang terhampar di atasnya. Selamat menikmati.. =D

About these ads

51 Responses

  1. Wah ternyata kita punya cita2 yang sama, dari SD juga aku pengen banget jd astronot dan smpe skrg pun kalo di tanya soal cita2 aku ttp jwb “astronot” yah namanya jg cita2. Sy juga penikmat langit malam dan kalo berada di luar rumah atau ruangan pada malam hari pasti perhatian tertuju ke langit dan hal pertama yg membuat sy tertarik astronomi yaitu munculnya komet Halley kemarin (1982/1983) aku gak ingat persis thnnya nah sejak itu aku mulai sering baca2 soal astronomi terutama soal perbintangan dan galaxi.
    Blog ini jg aku temukan krn nyari2 bhn bacaan yg sederhana ttg rasi bintang, teriam kasih yah udah nulis ttg rasi binatng dgn bhs yg cukup simple (maklum aku bukan org fisika tp dikit2 ngerti hehe)
    Wah senang punya teman dgn interest yg sama

  2. Sama2, salam kenal =D
    saya juga bukan orang yang terlalu tau masalah perbintangan, hehehe, mencoba belajar sendiri aja.. =D

  3. menyenangkan sekali…….asli deh jd nambah pengethuan……tararengkyu….

  4. susha bner yah untuk belajar rasi bintang dari awal osn ampe skrg ga ngerti2 >.<

  5. Thx sangat menambah wawasan..

    Salam Irfan

  6. Wahh…Asyik buanget dech pokokx kalo blajar ttg alam…Keren Keren Keren

  7. Emnk seRu sicH kalo ilmu Qta makin brtambaH,,,pKokx yg brhubungan dgn alam langit pass wktu mlam tuch,,,zha seneeeng dech kalo blajar yg brhubungan dgn dunia astronomi pkokx ngga bkalan bosan dech,,di jamin loh tmen2…Cobain aja ;-)
    muaaacH zHa

  8. sky night is really amazing……….:)

  9. gak mudeng aku mas !!!!!

  10. thanks kak berguna banget nih buat pelajaran di sekolah.hehe

  11. Mas, kalau nggak salah Polaris itu bagian ekor rasi beruang kecil kan bukan beruang besar. bener nggak?

  12. Hehehehe, iya, sori, saya salah ketik.. padahal udah ada tulisannya di gambarnya ursa minor.. thanks.. =)

  13. Waw… Thank’s ilmuny bg…
    Aku t ska bgt astrnomi, smpe2 aku prnah mnysup k pmbinaan olmpiade astrnmi pdahal aku kan ikt pmbnaan fsika…
    Tp, pas dnger da pmbnaan astrnmi dr dsen univ, tnpa pkir pnjang lgsung ja ngcir k sna… Untng ja dsen fskany gak dteng…, trus untng jg gru2 gak mrah ma aku…
    Hehehehe

  14. Wah thank bget yach… Jd tambah pengetahuan tentang rasi bintang nich.

  15. info yang… kereeen! thanks!!

  16. hmmm…mnyenangkan y mlihat langit….sy jg suka…tp nga tau tntng ilmu2 semua itu….jd tau deh skrng..tq

  17. sesuai dg yg dibutuhn…uda sering coba inget nama” rasi bintang pas liat langit malam. tp ga hafal”.Mudah”an diterangin ky gini bs inget terus. thanks banget ya infonya…..

  18. Wuiiihhh……!!!! Sukses za….!!! Tolong di tambah lagi donk artikel rasi bintangnya….

  19. kk menurut kk rasi bintang yang paling bagus apa? yang berhubungan dengan hoki atau keberuntungan? kl stellar itu ada hubungannya dengan rasi bintang ga kk?
    maaf banyak yg ditanya….makasih sebelum n sesudahnya

  20. @Nita
    kalo saya punya 3 favorit rasi bintang, yang pertama itu Orion, Scorpio, dan Cygnus.

    kalo soal hoki dan keberuntungan, maaf, saya kurang paham.. hehehe..

    stellar..?? itu kumpulan bintang, saya juga kurang paham.
    tapi kalo stellarium, itu software gratis buat belajar liat rasi bintang. coba aja search di google, nanti download.

    terima kasih kembali..

  21. Scorpio Milo, Cygnus Hyoga, klo Orion siapa y di Saint Seiya?
    Ehehehehe…
    *nebeng nyampah Ry..

  22. Orion itu orang Jat.. bukan hewan.. mungkin yah.. hehehe..

    setau saya, yang di saint seiya itu kebanyakan ngambil kebanyakan dari rasi hewan, tambah2 guci aquarius sama timbangan libra..

  23. wah bersyukur mampir ke blog ini, saya sedang mencari penunjuk arah dari kumpulan bintang buat tulisan saya,
    arigato….

  24. terima kasih kembali.. =B

  25. wooo..
    crita nya lucu ya,,
    aq jga suka bnget astro..
    kalo lngit mlam lgi bgus, aq ska kluar rmah sambil bawa buku yg ada rasi bntang nya.. lbih seru kalo bsa liat secara lngsung, ga hnya dri buku.. :)

  26. [...] Orion, The Hunter, one of my favorite constellations. Sangat mudah dikenali dari 3 bintang kembarnya, Orion’s Belt – Alnitak, Alnilam, Mintaka. Kisahnya bisa dibaca disini [...]

  27. mantap ne!! -_- :D

  28. terima kasih tulisanya. btw barusan aku lihat rasi ini, sktr jam 19-an, letaknya hampir diatas kepalaku. saya ykn itu orion. formasinya sama dng di gambar.

  29. maksih kaka

  30. nice info bro…aq emang lagi mencari petunjuk arah bintang utara. Kalau buat pemula ada triknya ga bro??

    Salam.

  31. pd tnggl pertengahan, sering ad bntng terng dkt dengn buln,,,ap tu bntng atau planet????bntng tu chayanya plng terng,,,mksh

  32. Per tanggal sekarang ya..?? 19 Oktober 2011..??
    kayaknya sih itu Planet Mbak.. bintang gak seterang itu biasanya..
    kalo gak jupiter, saturnus..
    tapi biasanya yang paling terang itu Jupiter..

  33. walaupun nggak terlalu faham betul dengan astronomi, sejak SD sampai sekarang saya sangat menyukai ilmu yang satu ini, habi kaka sama seperti saya, penikmat langit malam. hehehe makasih ya kak atas artikelnya, saya jadi makin senang ni intuk terus mempelajari tentang bintang.

  34. belajar astronomi itu memang tak pernah bosan, selalu asik deh. saya jtuh cnta pd astronomi ni. bahkan cita-cita saya pengen jadi Ilmuwan astronomi..astronomi bwt sya sllu trsenyum, n sya senang dg blog ini,isinya keren n brmnfaat..sprti yg lain,saya jg pnikmat lngit mlam. mskpun saya jg tk trllu tw astronomi,but very like..
    love astronomi ;D

  35. okey,,,,,,,,.

  36. Wach,aq pernah lht rasi bintang Orion :)
    Thanks infox :) :)

  37. rasi bintg itu sgt lh indh.bsa di tmbh kn gk_kolk si rasi bntg terindh yg prnh ada di dunia.

  38. bagus sekali…
    saya sangat suka astronomi, mungkin bisa saling share tentang astronomi,,,orang fisika juga masnya?

  39. Suka banget sama tulisan ini, karena Orion itu nama anak saya. Inspirasinya? Ya karena filosofinya. Orion adalah petunjuk jalan kebahagiaan, rejeki dan segala kebaikan bagi kedua orang tuanya. Orion adalah seorang pemburu demi cita-cita dan impiannya nanti. Dan pastinya Orion adalah nama rasi bintang yang terkenal, hehehe. Mudah2an filosofi itu menjadi doa bagi masa depan Orion. Amien

  40. Makasih atas infonya.

  41. trimakasih soal ipa jadi selesai

  42. makasih sebanyak – banyaknya untuk aryansah dan kawan – kawan yang sudah membantuku aku bingun musti balas budi apa denan kalian karna kalian sudah membantuku mengerjai soal ipa

  43. -_-

  44. Boleh tau referensi ini dari mana?
    Lagi bikin tulisan nih, makasih :)

  45. […] (KF-BAS/v/http://aryansah.wordpress.com/2009/08/04/rasi-bintang/) […]

  46. makasih ya udh bantu soal ipa terisi akhirnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,513 other followers

%d bloggers like this: